TVRI Sulawesi Tenggara dan FIB UHO melakukan Tapping Program Bingkai Budaya Bersama

Share on facebook
Share on pinterest
Share on twitter
TVRI Sulawesi Tenggara menggelar Tapping (perekaman) Program Bingkai Budaya yang merupakan kerjasama dengan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo. Kerjasama tersebut telah berlangusng sejak tahun 2021. Tapping adalah proses produksi program televisi non-live, yang artinya tidak disiarkan secara langsung namun melalui beberapa proses editing baik video maupun audionya. Tapping dilakukan ketika program siaran yang ingin disiarkan dirasa perlu atau membutuhkan sentuhan editing agar program yang dihasilkan lebih menarik dan informatif.

 

Di tahun 2022, FIB berkesempatan menampilkan ragam budaya dari  4 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara, yakni Kabupaten Buton Tengah, Kota Bau-Bau, Kabupaten Buton, dan Kabupaten Bombana. Acara ini dikemas dalam beberapa segmen, dimulai dari opening oleh host, talkshow dan pertunjukan seni budaya yang mewakili citra budaya dari masyarakat di empat kabupaten/kota tersebut. talkshow dikemas dengan menampilkan 3 unsur, yakni pemerintah daerah, unsur akademisi UHO, hingga tokoh/pemuka adat.

 

 

Sementara itu, seluruh pertunjukan seni budaya berupa suguhan lagu daerah, tarian tradisional, permainan gambus, hingga pembacaan syair dibawakan oleh mahasiswa FIB yang tergabung dalam Sanggar Tari FIB UHO, serta dari unsur pelaku seni budaya yang secara khusus didatangkan dari Kabupaten Buton Tengah dan Kota Bau-Bau. Proses Tapping visual tarian tradisional dilakukan di 3 titik, yakni di Pelataran Masjid Al Alam, Pelataran Tugu Religi Kota Kendari, dan Halaman Gedung Rektorat Universitas Halu Oleo