PROFIL UNIT JAMINAN MUTU DAN SISTEM INFORMASI

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo

PROFIL UNIT JAMINAN MUTU DAN SISTEM INFORMASI

SEJARAH

Pelaksanaan Penjaminan Mutu pada perguruan tinggi merupakan suatu kewajiban sebagaimana yang diamanahkan oleh Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang tentang Perguruan Tinggi dan Undang-Udnang  tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan tinggi. Kedua undang-undang menjadi dasar bagi Universitas Halu Oleo untuk melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Internal.

Organisasi penjaminan mutu dilakukan melalui dibentuknya Lembaga Jaminan Mutu. Universitas Halu Oleo memiliki lembaga yang bertanggung jawab pada penjaminan mutu yaitu Lembaga Penjamin Jaminan Mutu dan Monitoring Evaluasi Pendidikan (LJM-MEP).

LJM-MEP dibentuk pada tahun 2007 berdasarkan SK No. 10/SK/J29/KP/2007 tanggal 8 Februari 2007, mempunyai tiga kelompok kerja (POKJA) yaitu:

(1) Pokja Jaminan Mutu (JM) Pendidikan;

(2) Pokja Monitoring Evaluasi (MONEV);

(3) Pokja EPSBED dan akreditasi program studi.

Dokumen yang dimiliki oleh LJM-MEP dikelompokkan menjadi dua bagian, pertama dokumen induk/normatif, meliputi: Visi, Misi; Organisasi dan tata kerja; Renstra; dan Panduan akademik, kedua, dokumen mutu/operasional meliputi: Manual Mutu; Standar MutuManual Prosedur; Instruksi Kerja; Dokumen Pendukung; Borang-borang, dan Dokumen Audit.  Selanjutnya, di tingkat fakultas telah dibentuk Unit Jaminan Mutu`(UJM).

Unit ini berfungsi sebagai pelaksana penjaminan mutu tingkat Fakultas. Unit Jaminan Mutu Fakultas, dipimpin oleh seorang ketua, berkoordinasi dengan Dekan dan bertanggungjawab kepada Lembaga Jaminan Mutu (LJM) Universitas Haluoleo. Di jurusan dibentuk  Kelompok Kerja Jaminan Mutu (K2JM), dan di program studi, dibentuk Tim Monitoring Jaminan Mutu (TMJM). K2JM sesuai dengan kewenangannya menyusun dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP).  Monitoring  dan  evaluasi  dilaksanakan  oleh  Tim Monitoring Jaminan Mutu (TMJM) yang diketuai oleh ketua program studi/Jurusan sebagai fasilisator K2JM dengan UJM.

Pada tahun 2014 terjadi perubahan nomenklatur dari LJM-MEP menjadi Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) berdasarkan SK No. 149 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Halu Oleo.  Unit ini berfungsi sebagai pelaksana penjaminan mutu tingkat Fakultas. Unit Jaminan Mutu Fakultas, dipimpin oleh seorang koordinator unit jaminan mutu, berkoordinasi dengan dekan dan bertanggungjawab kepada  Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Haluoleo.

Selanjutnya tahun 2018 berdasarkan SK Rektor Universitas Halu Oleo No. 1240/UN29/SK/KP/2018, UJM bergabung dengan Unit Sistem Informasi menjadi Unit Jaminan Mutu dan Sistem Informasi (UJMSI).

Dalam masa perkembangannya, UJM-SI Fakultas Ilmu Budaya  UHO telah melalui beberapa periode kepemimpinan yaitu :

  1. Laxmi, S.Sos., M.A. (Ketua UJM) :  2014 -2017
  2. Muarifuddin, S.Pd., M.A. (Koordinator UJM) : 2017 – 2018
  3. Raemon, S.Sos., M.A. (Ketua UJM-SI) : 2018-sekarang

 TUGAS POKOK

  1. Membantu penyelenggaraan manajemen mutu internal di Fakultas Ilmu Budaya UHO dan bertanggung jawab kepada Dekan
  2. Melakukan koordinasi dengan Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UHO, serta UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi

URAIAN TUGAS UJM-SI

  1. Melakukan koordinasi dengan Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UHO dan UPT TIK UHO serta bertanggungjawab kepada Dekan FIB UHO
  2. Melakukan pendampingan penyusunan dokumen: evaluasi diri, borang akreditasi, dokumen SPMI, Dokumen SOP, dan mensosialisasikan kebijakan universitas untuk kegiatan rutin pelaksanaan evaluasi-evaluasi internal
  3. Mengawasi pengendalian dan pelaksanaan Sistem Penjaminan mutu internal di FIB
  4. Menyusun, mengembangkan dan mengendalikan pelaksanaan dokumen Standar Operasional Prosedur di FIB;
  5. Mengkoordinir evaluasi secara berkala setiap semester terhadap proses pembelajaran setiap prodi di FIB
  6. Mengkoordinir pelaskanaan audit internal per tahun untuk memantau dan mengukur kinerja penerapan sistem manajemen mutu internal.
  • Menetapkan jadwal audit Internal
  • Mempersiapkan audit Internal
  • Pelaskanaan Audit Internal dilakukan oleh Auditor yang ditunjuk oleh LPPMP UHO
  • Mengkoordinasikan pelaksanaan tindak lanjut terhadap Laporan hasil audit internal
  1. Melakukan evaluasi terhadap Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Bahan Ajar
  2. Melakukan evaluasi terhadap jurnal perkuliahan, SAP, Sarana Prasarana
  3. Memastikan dilakukannya penjaminan mutu Pendidikan dan administrasi akademik
  4. Mengusulkan penetapan K2JM/TMJM
  5. Mengkoordinir pelaksanaan administrasi di UJM FIB
  6. Menerima tugas yang diberikan oleh atasan

KEWENANGAN DAN TANGGUNG JAWAB

 Meminta kelengkapan data dan informasi yang dibutuhkan sebagai laporan pada unit yang relevan

  1. Meminta petunjuk atasan
  2. Memberi arahan dan petunjuk kepada staf

HUBUNGAN KERJA

  1. Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP)
  2. UPT TIK UHO
  3. Dekan FIB UHO
  4. Wakil Dekan Lingkup FIB
  5. Jurusan/Program Studi Lingkup FIB
  6. Sistem Informasi dan Komunikasi FIB
  7. Laboratorium Lingkup FIB
  8. Kelompok Kerja Jaminan Mutu (K2JM)/Tim Monitoring Jaminan Mutu (TMJM)

 URAIAN TUGAS K2JM/TMJM

  1. Mengawasi pengendalian dan pelaksanaan Sistem Penjaminan mutu internal di tingkat Jurusan/Program Studi
  2. Menyusun, mengembangkan dan mengendalikan pelaksanaan dokumen Standar Operasional Prosedur di tingkat Jurusan/Program Studi;
  3. Melakukan monitoring dan evaluasi di tingkat Jurusan/Program Studi;
  • Evaluasi terhadap pemahaman visi misi
  • Evaluasi kinerja dosen dalam proses pembelajaran dan pelayanan Akademik
  • Evaluasi kinerja Tenaga kependidikan
  • Evaluasi kinerja Alumni terhadap pengguna lulusan
  • Tracer study
  • Monitoring dan evaluasi lainnya di tingkat jurusan/program studi
  1. Melakukan sosialisasi SPMI dan SOP di tingkat Jurusan/Program Studi;
  2. Melaporkan secara berkala pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal di tingkat Jurusan/Program Studi ke Ketua Jurusan/Koordinator Program Studi dan UJM-SI FIB
  3. Berkoordinasi dengan UJM dan Sistem Informasi FIB untuk pelaksanaan tindak lanjut hasil Audit Mutu Internal (AMI) di tingkat Jurusan/Program Studi

 

 

 

 

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not span in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X