Jurusan
Arkeologi
Selayang Pandang
Dari enam universitas di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan kearkeologian, Universitas Halu Oleo (UHO) merupakan salah satu universitas yang membuka Program Studi Arkeologi. Program Studi Arkeologi UHO dibentuk pada tahun 2013 sebagai salah satu program studi di bawah Jurusan Antropologi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).
Pada bulan Januari tahun 2014, Jurusan Antropologi beserta enam Program Studi naungannya (Arkeologi, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sejarah, Tradisi Lisan) berpisah dari FISIP untuk membentuk Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Pada tahun yang sama pula, statusnya sebagai program studi dinaikkan menjadi jurusan yang berdiri otonom di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo.
Sebagai sebuah jurusan yang masih berusia belia, Jurusan Arkeologi FIB UHO berkeinginan untuk berkembang menjadi jurusan yang mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional. Guna mewujudkan keinginan tersebut, jurusan ini berusaha menyiapkan sumber daya manusia, infrastruktur dan suprastruktur yang dapat menopang dan menjamin terselenggaranya pendidikan yang berkualitas. Penyiapan sumber daya manusia meliputi pengadaan dan peningkatan kualitas tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan. Infrastruktur dalam hal ini dipahami sebagai semua sarana fisik yang memungkinkan berlangsungnya proses perkuliahan yang nyaman dan kondusif.
Adapun suprastruktur merupakan perangkat konseptual pendidikan berupa kurikulum dan semua produk turunannya. Penyiapan ketiga elemen tersebut sedapat mungkin mengikuti perkembangan dalam dunia ilmu pengetahuan pada umumnya dan dunia arkeologi pada khususnya, maupun kebutuhan masyarakat.
Visi
Visi Jurusan Arkeologi Universitas Halu Oleo adalah:
“Menjadi program studi Arkeologi yang profesional dan memiliki kemitraan global dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta menghasilkan SDM yang bermoral tinggi, terampil, kreatif, dan inovatif dalam mengelola sumber daya Arkeologi di Indonesia.”
Misi
Untuk mencapai visi tersebut, Jurusan Arkeologi menetapkan misi:
- Menguatkan sistem tata kelola program studi yang transparan dan akuntabel sehingga mampu memberikan layanan prima dalam pendidikan.
- Mengembangkan lingkungan yang nyaman, aman, dan berwawasan lingkungan dalam mendukung terselenggaranya tridharma perguruan tinggi.
- Menjalin kemitraan dan kerja sama dengan berbagaii stakeholder terkait di bidang Arkeologi, baik tingkat nasional dan internasional.
- Meningkatkan kemampuan akademik dangan mengembangkan pendidikan berbasis riset dan teknologi dengan memanfaatkan kajian lapangan dan laboratorium Arkeologi sehingga lulusannya mampu bersaing, dan beradaptasi dalam kancah lokal, nasional, dan global.
- Meningkatkan kompetensi dalam bidang Arkeologi Maritim di wilayah Indonesia Timur.
- Mendorong kemampuan pribadi mahasiswa yang handal, jujur, responsif, inovatif, mandiri, dan beretika dalam membangun karakter.
- Menerapkan hasil penelitian Arkeologi untuk pengembangan kesejahteraan institusi dan masyarakat.
Tujuan
Tujuan penyelenggaraan Jurusan Arkeologi adalah sebagai berikut.
- Menjadikan program studi arkeologi menjadi institusi yang transparan dan akuntabel sehingga mampu memberikan layanan prima dalam pendidikan.
- Membentuk program studi yang berwawasan lingkungan, nyaman dan aman guna mendukung terselenggaranya tridharma perguruan tinggi.
- Menjalin kerja sama dengan berbagai stakeholder terkait di bidang arkeologi baik tingkat nasional dan internasional.
- Meningkatkan kemampuan akademik dengan mengembangkan pendidikan berbasis riset dan teknologi dengan memanfaatkan kajian lapangan dan laboratorium Arkeologi sehingga lulusannya mampu bersaing, dan beradaptasi dalam kancah global.
- Meningkatkan kompetensi dalam bidang Arkeologi Maritim di wilayah Indonesia Timur.
- Mendorong kemampuan pribadi mahasiswa yang handal ,jujur, responsif, inovatif, mandiri dan beretika dalam membangun karakter.
Profil Lulusan
Berikut ini adalah uraian deskripsi profil lulusan dari Jurusan Arkeologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo.
1 |
Peneliti |
Menghasilkan lulusan yang menguasai pengetahuan dan teori penelitian arkeologi, serta dapat mengembangkan pengetahuan dan teori tersebut guna diaplikasikan untuk menyelesaikan permasalahan arkeologis yang terjadi di lapangan serta memiliki pengetahuan tentang literasi data, kemampuan pemahaman untuk membaca data, menganalisis, menggunakan data dan informasi (big data) di dunia digital. |
2 |
Tenaga Pendidik |
Menghasikan sarjana arkeologi yang dipersiapkan untuk dapat mendidik ditingkat pendidikan dasar sampai perguruan tinggi dengan memahami dan mengimplementasikan perkembangan era industry 4.0. |
3 |
Pamong Budaya |
Menghasilkan sarjana arkeologi yang dapat memberikan pelayanan terkait dengan kajian dan informasi budaya tingkat nasional, regional maupun daerah setempat serta pemahaman ilmu arkeologis untuk diamalkan bagi kemaslahatan bersama secara local, nasional dan global. |
4 |
Konsultan di Bidang Manajemen Sumber Daya Budaya |
Menghasilkan sarjana arkeologi yang dapat memberikan pendampingan dalam pengelolaan sumber daya arkeologi secara umum maupun secara khusus sesuai dengan bidang keahliannya serta memahami literasi manusia, pemahaman tentang humanities, komunikasi dan desain. |
5 |
Tour Planner dan Tour Guide untuk Wisata Budaya |
Menghasilkan sarjana arkeologi yang memiliki pengetahuan untuk dapat merencanakan, mendampingi dan menginformasi perihal-perihal yang terkait dengan wisata Budaya berdasarkan pengenalan tentang litrasi teknologi, kemampuan memahami cara kerja mesin (era digital), aplikasi teknologi (coding, artificial intelligence, dan engineering principle). |
CPL Jurusan
Untuk mewujudkan profil lulusan sebagaimana dideskripsikan di atas, Jurusan Arkeologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo menyusun Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) jurusan sebagai berikut.
Profil Lulusan | Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
P1 | Peneliti | Sikap | |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; | ||
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; | ||
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; | ||
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; | ||
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; | ||
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; | ||
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; | ||
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | ||
S9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; | ||
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. | ||
Keterampilan Umum | |||
KU1 | Mampu menyajikan hasil penelitian dalam bentuk skripsi, artikel ilmiah dan karya publikasi lain sebagai hasil dari implementasi keterampilan abad 21 yang menumbuhkan HOTS (high order thinking skills yamg meliputi communication, collaboration, critical tsebagai hasil dari implementasi keterampilan abad 21 yang menumbuhkan HOTS (high order thinking skills yamg meliputi communication, collaboration, critical tsebagai hasil dari implementasi keterampilan abad 21 yang menumbuhkan HOTS (high order thinking skills yamg meliputi communication, collaboration, critical tsebagai hasil dari implementasi keterampilan abad 21 yang menumbuhkan HOTS (high order thinking skills yamg meliputi communication, collaboration, critical thinking, creatif thinking, computational logic, compassion dan civic responsibility. | ||
KU2 | Mampu berpikir logis, sistematis, kritis, dan inovatif dalam konteks keilmuan | ||
KU3 | Mampu membuat keputusan dengan tepat berlandaskan pada informasi dan data yang dapat dipertanggungjawabkan. | ||
Keterampilan Khusus | |||
KK1 | Mampu melaksanakan survei arkeologis. | ||
KK2 | Mampu melaksanakan ekskavasi arkeologis. | ||
KK3 | Mampu mendokumentasikan data arkeologi secara verbal dan visual. | ||
KK4 | Mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan menginterpretasikan data arkeologi | ||
Pengetahuan | |||
PP1 | Menguasai konsep-konsep dasar ilmu arkeologi. | ||
PP2 | Menguasai pengetahuan tentang berbagai jenis data arkeologi di Indonesia | ||
PP3 | Mengenali berbagai jenis data arkeologi di tingkat regional dan dunia. | ||
PP4 | Menguasai prinsip penelitian di bidang arkeologi dan kebudayaan. |
Sikap | |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
Keterampilan Umum | |
KU1 | Mampu mengelola pembelajaran mandiri. |
KU2 | Mampu menyajikan hasil penelitian dalam bentuk skripsi, artikel ilmiah dan karya publikasi lain sebagai hasil dari implementasi keterampilan abad 21 yang menumbuhkan HOTS (high order thinking skills yamg meliputi communication, collaboration, critical tsebagai hasil dari implementasi keterampilan abad 21 yang menumbuhkan HOTS (high order thinking skills yamg meliputi communication, collaboration, critical tsebagai hasil dari implementasi keterampilan abad 21 yang menumbuhkan HOTS (high order thinking skills yamg meliputi communication, collaboration, critical tsebagai hasil dari implementasi keterampilan abad 21 yang menumbuhkan HOTS (high order thinking skills yamg meliputi communication, collaboration, critical thinking, creatif thinking, computational logic, compassion dan civic responsibility. |
KU3 | Mampu berpikir logis, sistematis, kritis, dan inovatif dalam konteks keilmuan |
Keterampilan Khusus | |
KK1 | Mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan menginterpretasikan data arkeologi. |
KK2 | Mampu menyajikan hasil penelitian arkeologi dalam bentuk laporan verbal dan visual. |
Pengetahuan | |
PP1 | Menguasai konsep-konsep dasar ilmu arkeologi. |
PP2 | Menguasai pengetahuan tentang berbagai jenis data arkeologi di Indonesia. |
PP3 | Mengenali berbagai jenis data arkeologi di tingkat regional dan dunia. |
Sikap | |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian Arkeologi secara mandiri. |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
Keterampilan Umum | |
KU1 | Mampu menjalin kerjasama dengan kolega dan para stakeholder. |
KU2 | Mampu menerapkan etika akademik dan profesi dalam melaksanakan pekerjaannya. |
Keterampilan Khusus | |
KK1 | Mampu melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan manajemen Warisan Budaya dan Pemuseuman. |
Pengetahuan | |
PP1 | Menguasai konsep-konsep dasar ilmu arkeologi. |
Sikap | |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian Arkeologi secara mandiri. |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
Keterampilan Umum | |
KU1 | Mampu menyajikan hasil penelitian dalam bentuk skripsi, artikel ilmiah dan karya publikasi lain sebagai hasil dari implementasi keterampilan abad 21 yang menumbuhkan HOTS (high order thinking skills yamg meliputi communication, collaboration, critical tsebagai hasil dari implementasi keterampilan abad 21 yang menumbuhkan HOTS (high order thinking skills yamg meliputi communication, collaboration, critical tsebagai hasil dari implementasi keterampilan abad 21 yang menumbuhkan HOTS (high order thinking skills yamg meliputi communication, collaboration, critical tsebagai hasil dari implementasi keterampilan abad 21 yang menumbuhkan HOTS (high order thinking skills yamg meliputi communication, collaboration, critical thinking, creatif thinking, computational logic, compassion dan civic responsibility. |
KU2 | Mampu berpikir logis, sistematis, kritis, dan inovatif dalam konteks keilmuan. |
KU3 | Mampu mengelola pembelajaran mandiri |
KU4 | Mampu menjalin kerjasama dengan kolega dan para stakeholder. |
KU5 | Mampu menerapkan etika akademik dan profesi dalam melaksanakan pekerjaannya. |
KU6 | Mampu membuat keputusan dengan tepat berlandaskan pada informasi dan data yang dapat dipertanggungjawabkan. |
KU7 | Mampu memberikan saran, arahan, dan alternatif solusi secara mandiri dan kelompok |
Keterampilan Khusus | |
KK1 | Mampu melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan manajemen Warisan Budaya dan Pemuseuman. |
KK2 | Mampu melihat peluang dan memanfaatkan warisan budaya sebagai sumber/inspirasi kreasinya. |
Pengetahuan | |
PP1 | Menguasai konsep-konsep dasar ilmu arkeologi. |
PP2 | Menguasai pengetahuan tentang berbagai jenis data arkeologi di Indonesia. |
PP3 | Mengenali berbagai jenis data arkeologi di tingkat regional dan dunia. |
PP4 | Menguasai prinsip penelitian di bidang arkeologi dan kebudayaan. |
PP5 | Menguasai dasar-dasar manajemen warisan budaya dan permuseuman |
Sikap | |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian Arkeologi secara mandiri. |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
Keterampilan Umum | |
KU1 | Mengenali berbagai jenis data arkeologi di tingkat regional dan dunia. |
KU2 | Menguasai prinsip penelitian di bidang arkeologi dan kebudayaan. |
KU3 | Menguasai dasar-dasar manajemen warisan budaya dan permuseuman. |
Keterampilan Khusus | |
KK1 | Mampu mendokumentasikan data arkeologi secara verbal dan visual. |
KK2 | Mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan menginterpretasikan data arkeologi. |
KK3 | Mampu menyajikan hasil penelitian arkeologi dalam bentuk laporan verbal dan visual. |
KK4 | Mampu melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan manajemen Warisan Budaya dan Pemuseuman. |
KK5 | Mampu melihat peluang dan memanfaatkan warisan budaya sebagai sumber/inspirasi kreasinya. |
Pengetahuan | |
PP1 | Menguasai konsep-konsep dasar ilmu |
arkeologi. | |
PP2 | Menguasai pengetahuan tentang berbagai jenis data arkeologi di Indonesia. |
PP3 | Mengenali berbagai jenis data arkeologi di tingkat regional dan dunia. |
PP4 | Menguasai prinsip penelitian di bidang arkeologi dan kebudayaan. |
PP5 | Menguasai dasar-dasar manajemen warisan budaya dan permuseuman |
P3 | Pamong Budaya | Sikap | |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; | ||
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; | ||
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; | ||
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; | ||
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; | ||
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; | ||
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; | ||
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | ||
S9 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian Arkeologi secara mandiri. | ||
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. | ||
|
| Keterampilan Umum | |
KU1 | Mampu menjalin kerjasama dengan kolega dan para stakeholder. | ||
KU2 | Mampu menerapkan etika akademik dan profesi dalam melaksanakan pekerjaannya. | ||
Keterampilan Khusus | |||
KK1 | Mampu melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan manajemen Warisan Budaya dan Pemuseuman. | ||
Pengetahuan | |||
PP1 | Menguasai konsep-konsep dasar ilmu arkeologi. |
P4 | Konsultan di Bidang manajemen Sumber Daya Budaya | Sikap | |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; | ||
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; | ||
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; | ||
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; | ||
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; | ||
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; | ||
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; | ||
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | ||
S9 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian Arkeologi secara mandiri. | ||
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. | ||
Keterampilan Umum | |||
KU1 | Mampu menyajikan hasil penelitian dalam bentuk skripsi, artikel ilmiah dan karya publikasi lain sebagai hasil dari implementasi keterampilan abad 21 yang menumbuhkan HOTS (high order thinking skills yamg meliputi communication, collaboration, critical tsebagai hasil dari implementasi keterampilan abad 21 yang menumbuhkan HOTS (high order thinking skills yamg meliputi communication, collaboration, critical tsebagai hasil dari implementasi keterampilan abad 21 yang menumbuhkan HOTS (high order thinking skills yamg meliputi communication, collaboration, critical tsebagai hasil dari implementasi keterampilan abad 21 yang menumbuhkan HOTS (high order thinking skills yamg meliputi communication, collaboration, critical thinking, creatif thinking, computational logic, compassion dan civic responsibility. | ||
KU2 | Mampu berpikir logis, sistematis, kritis, dan inovatif dalam konteks keilmuan. | ||
KU3 | Mampu mengelola pembelajaran mandiri | ||
KU4 | Mampu menjalin kerjasama dengan kolega dan para stakeholder. | ||
KU5 | Mampu menerapkan etika akademik dan profesi dalam melaksanakan pekerjaannya. | ||
KU6 | Mampu membuat keputusan dengan tepat berlandaskan pada informasi dan data yang dapat dipertanggungjawabkan. | ||
KU7 | Mampu memberikan saran, arahan, dan alternatif solusi secara mandiri dan kelompok | ||
Keterampilan Khusus | |||
KK1 | Mampu melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan manajemen Warisan Budaya dan Pemuseuman. | ||
KK2 | Mampu melihat peluang dan memanfaatkan warisan budaya sebagai sumber/inspirasi kreasinya. | ||
Pengetahuan | |||
PP1 | Menguasai konsep-konsep dasar ilmu arkeologi. | ||
PP2 | Menguasai pengetahuan tentang berbagai jenis data arkeologi di Indonesia. | ||
PP3 | Mengenali berbagai jenis data arkeologi di tingkat regional dan dunia. | ||
PP4 | Menguasai prinsip penelitian di bidang arkeologi dan kebudayaan. | ||
PP5 | Menguasai dasar-dasar manajemen warisan budaya dan permuseuman |
P5 | Tour Planner dan Tour Guide untuk Wisata Budaya | Sikap | |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; | ||
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; | ||
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; | ||
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; | ||
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; | ||
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; | ||
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; | ||
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | ||
S9 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian Arkeologi secara mandiri. | ||
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. | ||
Keterampilan Umum | |||
KU1 | Mengenali berbagai jenis data arkeologi di tingkat regional dan dunia. | ||
KU2 | Menguasai prinsip penelitian di bidang arkeologi dan kebudayaan. | ||
KU3 | Menguasai dasar-dasar manajemen warisan budaya dan permuseuman. | ||
Keterampilan Khusus | |||
KK1 | Mampu mendokumentasikan data arkeologi secara verbal dan visual. | ||
KK2 | Mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan menginterpretasikan data arkeologi. | ||
KK3 | Mampu menyajikan hasil penelitian arkeologi dalam bentuk laporan verbal dan visual. | ||
KK4 | Mampu melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan manajemen Warisan Budaya dan Pemuseuman. | ||
KK5 | Mampu melihat peluang dan memanfaatkan warisan budaya sebagai sumber/inspirasi kreasinya. | ||
Pengetahuan | |||
PP1 | Menguasai konsep-konsep dasar ilmu arkeologi. | ||
PP2 | Menguasai pengetahuan tentang berbagai jenis data arkeologi di Indonesia. | ||
PP3 | Mengenali berbagai jenis data arkeologi di tingkat regional dan dunia. | ||
PP4 | Menguasai prinsip penelitian di bidang arkeologi dan kebudayaan. | ||
PP5 | Menguasai dasar-dasar manajemen warisan budaya dan permuseuman |
Dr. Abdul Alim, S.Pd., M.Si.
Ketua Jurusan Arkeologi
Alamat
Gedung FIB Universitas Halu Oleo
Jl. H.E.A. Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu
Kendari, Sulawesi Tenggara, 92323