Alumni FIB

Tracer Study Alumni Fakultas Ilmu Budaya UHO

Latar belakang 

Tolak ukur keberhasilan suatu lembaga yang menghasilkan lulusan adalah sejauh mana lulusan dapat mempraktekkan pengetahuan yang diperoleh  sesuai bidang yang diminati dalam masyarakat. Hal ini merupakan salah satu tujuan pembelajaran sehingga mahasiswa dapat berguna dalam menyumbangkan keahlian mereka sesuai dengan bidangnya. Secara umum, perguruan tinggi di Indonesia bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang secara profesional dapat menerapkan dan mengembangkan bidang keahlian mereka dan mampu menyebarluaskan dan menggunakan  keahlian mereka untuk meningkatkan standar hidup masyarakat dan budaya nasional.

Penilaian sejauh mana lulusan FIB dapat memperoleh manfaat bagi masyarakat, maka perlu dilakukan studi pelacak alumni. Studi pelacakan termasuk di mana lulusan pada saat ini, antara lain berkaitand engan :  bidang lapangan kerja alumni, sejauh mana lulusan dianggap berguna oleh pengguna (stakeholder), kesesuaian antara kemampuan lulusan dengan kebutuhan masyarakat, kekurangan selama para lulusan mengabdikan pengetahuan mereka, masa tunggu lulusan menunggu sampai mereka mendapatkan pekerjaan dan besaran pendapatan/gaji awal untuk bekerja.

Selain itu, studi pelacakan dapat digunakan sebagai umpan balik (feed back) bagi Jurusan/Program Studi untuk mengevaluasi dan mengembangkan kurikulum, sehingga lulusan dapat mengantisipasi kebutuhan/tuntutan masyarakat. 

Studi pelacakan juga merupakan hal yang penting dalam penilaian akreditasi program studi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional perguruan tinggi (BAN-PT). Penilaian ini dapat menjadi patokan untuk akuntabilitas, kredibilitas, dan up to date program studi/jurusan.

Tujuan

Tujuan dari tracer study adalah untuk melacak keberadaan dan karir/pekerjaan yang dilakukan oleh alumni, mendapatkan gambaran dari bidang kerja alumni, mendapatkan masukan mengenai relevansi kurikulum dengan tuntutan keahlian lulusan di bidang kerja di masyarakat, mendapatkan gambaran hubungan antara alumni dan almamater, mengetahui hambatan yang dihadapi oleh lulusan di dunia kerja, mendapatkan gambaran dari karakteristik lulusan, dan mengetahui kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Manfaat

Mendapatkan umpan balik tentang sistem atau proses pembelajaran untuk mencocokkan kurikulum dengan tuntutan keahlian dalam dunia kerja. Untuk melengkapi data alumni dan pengguna alumni Fakultas Ilmu Budaya silakan mengisi formulir berikut dengan mengklik tautan Portal Tracer Study UHO berikut:

Contact us

Gedung FIB Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A. Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu Kendari